Resep Kelalapon

Sabtu, 13 April 20130 komentar

Image captured using VVCap

Bahan-bahan Membuat Kalalapon :
·         Tepung ketan /lakatan 1 liter
·         Air daun pudak/suji 200 ml
·         Gula merah ½ kg
·         Air kapur sedikit ( 2 sendok makan),kapur membuat adonan sintal padat.
·         1 butir Kelapa yang di parut
·         Garam secukupnya, supaya rasa gurih.
Proses pengerjaan:
Tepung ketan,air daun pudak,air kapur dan garam diaduk menjadi adonan yang kalis, Karena akan menjadi bentuk bulat kecil , jadi adonan harus benar-benar rata.
Setelah adonan kalis, ambil adonan dan potong kecil-kecil kira-kira sebesar ibu jari buat menjadi bulat ,seperti kelepon yang sering kita jumpai.
Nah ini kata orang dahulu/bahari, Jepang saja bingung mau memasukkan gula merah dalam kelepon, tapi gampang sebenarnya, yang menjadikan cirri khas kelepon enak dimakan ya gula merah ini ada didalamnya, seni memakannya bila digigit akan keluar air gula merah bahkan kadang muncrat seperti air mancur. Ok ukuran gula merah yang dimasukkan sebesar jari kelingking. Cara memasukkan ambil adonan yang dibulatkan tadi, tekan telunjuk perlahan ke dalam nya maka akan terbentuk lubang untuk gula merah, gampang kan tinggal di bulatkan seperti semula sehingga tertutuplah lubang tadi.
Siapkan panci, rebus kalalpon sampai matang,tandannya bila kalalpon mengapung/timbul maka kalapon matang , lalu angkat ditiriskan, letakkan dalam wadah yang telah ditaburi parutan kelapa tadi sampai kalalapon dingin, selanjutnya sajikan.
wadah yang sudah ditaburi parutan kelapa, parutan kelapa di samping sebagai pemisah supaya kalalapon jangan lengket satu sama lain juga rasanya yang enak, menjadi perpaduan makanan yang lezat bebas bahan kimia, anda mau mencoba…..kenapa tidak,selamat berkreasi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budaya Urang Banjar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger